22 Januari 2012

Nyamankah di "Zona Nyaman"??

“Perubahan besar sering terjadi karena lompatan kecil (Julianto Simanjuntak)”

 Zona 1:  banyak waktu tapi kurang uang (contoh: pengangguran, jaga toko seharian tapi tokonya sepi, Ibu rumah tangga yang seharian ngerumpi, nonton sinetron atau tidur)

Zona 2: kurang waktu dan kurang uang (contoh: karyawan di level menengah ke bawah)

Zona 3:  kurang waktu tapi banyak uang (misalnya pemilik perusahaan besar, direktur2 di kantoran, dokter, pengacara, dsb..., mereka terus bekerja untuk menghasilkan banyak uang)

Zona 4: banyak waktu dan banyak uang (para investor, pemilik passive income)


Pilih berada di zona yang mana????tetap berada dalam zona nyaman atau keluar mencari zona yang paling nyaman???Nah loe, bingung deh....

Dari 4 zona yang udah disebutkan tadi, yang paling sedih ya zona 2.. mereka adalah karyawan-karyawan biasa yang hampir tidak punya waktu  dan penghasilan mereka 15 koma... maksudnya setelah tanggal 15 pasti koma ;-), alias nggak punya duit lagi. hehehe *ga bermaksud yak... ;)
Hampir pasti, tabungan mereka untuk masa depan seringkali tergerus untuk membayar hutang2 mereka. Mirisnya, banyak sekali orang2 dalam zona ini bisa melakoni kehidupan ini bertahun tahun lamanya tanpa disadari usia dan kebutuhan mereka terus bertambah.. kebayang ga masa tua nantinya seperti apa, ketika kesehatan rentan, tabungan sekedarnya saja...

Zona paling enak itu adalah zona 4. Kalau kita banyak uang, kita bisa beli franchise yang sudah terbukti laku jika dijual. Tapi, tunggu dulu, setiap bulan kita tetap harus bayar royalti, semoga hasil yang kita dapatkan lebih banyak dari royalti yang harus kita bayarkan.
Atau mau dapat passive income dari bunga bank? Sudah cek bunga yang dikasih oleh bank tempatmu menabung? Berapa yang harus ditabung supaya bunganya lebih besar daripada inflasi yang setiap tahun meningkat?
Well, itu adalah pilihan buat mereka yang uangnya tidak ada masalah. hehehe

Tapi ingat, ada banyak perubahan yang akan terjadi di dunia ini Juragan...

Ga bisa dipungkiri, ga hanya mendengar dari pepatah, yang namanya roda kehidupan itu selalu berjalan. Tak pernah diam. Lalu kita yang menaikinya??? akankah mengikuti alur perjalanan roda atau berusaha melawan *bukan melawan sih sebenarnya, tapi berusaha merubahnya mungkin ya...

Masih ingat yang dikatakan Anne Ahira "You can not chance the wind direction, but you can only chance your wing direction". Kehidupan Anda tidak akan berubah sebelum Anda berusaha untuk merubahnya. Anda yang memiliki keputusan untuk berubah dan Anda pula yang menentukan untuk menjadi sukses, bukan orang lain.

Kesannya seperti membicarakan orang yang sedang dalam keadaan terpuruk tapi ga mau berubah, cuman ongkang-ongkang kaki doang, nunggu perubahan. Kalo kaya gini bener-bener bisa dan ajaib binti cling merubah alur kehidupan *terpuruk menjadi bahagia ato sukses, seharusnya jumlah orang sukses didunia ini udah jauh lebih banyak kan dari pada jumlah orang gagal yang kemudian merasa 'selesai' sudah..( cermin duniawi banget..hehehe)

Tapi, sama saja. Kalo kita udah berada di zona nyaman dan pasti akan terlena. Ga perlu mikir apa-apalagi, namanya juga udah berada ditempat yang nyaman, impian semua orang. Ga ada deh pikiran susah dapet duit buat makan, buat cari tempat berteduh ato pikiran-pikiran yang 'mengharukan' lainnya. Padahal disini point utamanya. Gimana caranya kita bisa keluar dari zona nyaman??? *lhoh !!! Pasti berat kan??ga mau kan???pasti merasa takut terhadap perubahan, padahal yang namanya perubahan itu pasti ada. *baca lagi pepatah diatas.

Orang yang ga mau keluar dari zona nyaman, artinya dialah orang yang ga bisa menerima kenyataan. Pecundang. Ia sulit melihat adanya banyak peluang di luar sana yang sebenarnya bisa dijadikan sebagai suatu terobosan baru atau pertumbuhan hidupnya. Dan rasa takut inilah yang pastinya menghalangi dia untuk bisa tumbuh. Dan mereka pastinya orang-orang yang tidak memberikan rasa 'percaya diri' terhadap dirinya sendiri, yang akhirnya, di dalam otak sudah tersetting bahwa "saya pasti gagal"

Butuh mimpi, niat yang kuat, action di berbagai kesempatan yang ada, bersikap bijak, perluas jaringan dan wawasan, dan pastinya harus ada yang namanya evaluasi diri.

Buat perubahan !. Segera keluar dari zona nyaman!
Menginvestasikan waktu di tempat yang tepat. Tidak bisa dengan menabung dalam uang, tapi kita harus menabung dalam waktu. Tidak ada jalan lain, kita perlu belajar bagaimana membuat sistem kita semakin kuat sehingga kita yang dapat 'menjalankan' perubahan. Kita akan punya banyak waktu untuk berada di zona yang 'lebih nyaman'


Gimana caranya???

Yuk kita investasi waktu disini, enjoy dengan banyak teman-teman baru, dibantu leader-leader disini, untuk terus maju meraih impian. Dan disini bukan hanya sekedar orang-orang biasa saja. Mereka mempunyai mimpi yang luar biasa. Mempunyai tekad untuk suatu perubahan yang besar.


"Anda akan tumbuh dan berkembang jika Anda bersedia untuk meninggalkan zona nyaman Anda",(Chandra Ming)

Jadi.. apakah kita sudah siap untuk berpindah ke zona yang 'lebih nyaman'? Yuk ahhh...buruannn buat perubahan :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Photobucket